Rabu, 08 Januari 2014

Akibat Serangan Stroke, Perempuan Ini Mendadak Buta Aksara


Jakarta, Serangan stroke sering menyisakan kerusakan di otak yang berdampak pada banyak hal. Salah satunya seperti yang dialami seorang perempuan di Inggris, yang mendadak tidak bisa baca setelah kena serangan penyakit tersebut.

Perempuan berusia 40 tahun dengan inisial MP tersebut mengalami stroke pada Oktober 2012. Serangan itu menyebabkan kerusakan otak di bagian pemroses bahasa, khususnya di bagian pengolah informasi visual. Hasilnya, perempuan yang berprofesi sebagai guru SD tersebut mendadak buta aksara.

Anehnya, perempuan tersebut hanya tidak bisa membaca tulisan. Untuk menulis ia masih lancar, begitu pula untuk menangkap dan mengolah informasi yang masuk melalui telinga.

Ia menyadari kondisinya itu saat memasuki ruang kelas tempat ia mengajar pada suatu pagi di bulan Oktober 2012. Betapa kagetnya, ia tidak bisa membaca nama-nama siswa di daftar hadir. Panik, ia pun beralih ke buku pelajaran dan di matanya semua tulisan menjadi seperti hieroglyps atau tulisan paku pada peradaban Mesir Kuno.

Masalah tersebut terus memburuk dan akhirnya ia memeriksakan diri ke rumah sakit. Terjawab sudah permasalahannya. Oleh dokter, dia didiagnosis mengalami stroke yang tidak disadarinya namun telah menciptakan kerusakan pada salah satu bagian otak.

Dokter mengatakan, kondisi yang dialami oleh si ibu guru dikenal dengan nama alexia tanpa agraphia. Kondisi langka ini membuatnya tidak bisa membaca, tetapi masih bisa menulis dan memahami percakapan lisan.

Hingga 10 bulan setelah serangan stroke diperkirakan terjadi, ibu guru tersebut belum juga bisa membaca meski telah mencoba untuk belajar dari awal. Ia pun merindukan masa-masa membacakan buku cerita untuk anak-anak didiknya.

"Suatu haru ibu saya dan anak-anak saya berkumpul dan semuanya membaca. Saya mulai menangis, sebab aktivitas tersebut kini tidak bisa saya lakukan lagi," kata MP seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (9/1/2014).


(up/vit)

http://health.detik.com/read/2014/01/09/135905/2462804/763/akibat-serangan-stroke-perempuan-ini-mendadak-buta-aksara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar